Mudah 3 Trik Mengatasi Dan Memperbaiki Tinta Printer Tidak Keluar

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Tinta Printer Tidak Keluar
Tinta Printer Tidak Keluar

NETnot.id – Printer adalah alat cetak yang biasa di gunakan di rumahan maupun kantor, karena dengan printer kita akan di permudah untuk mencetak sesuatu misal surat, foto, dan lain-lain tergantung kebutuhuan, dan yang terpenting alat cetak ini tidak menghabiskan tempat karena biasanya ukurannya tidak besar, mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa printer banyak yang menggunakan untuk keperluan kantor maupun di gunakan di rumah pribadi, tetapi terkadang banyak orang yang tidak tau cara mengatasi printer yang error seperti tinta tidak keluar, atau kertas tidak mau jalan, mereka lebih memilih untuk beli lagi atau di bawa ke tukang servis printer. Sebenarnya hal tersebut sah sah saja sih tetapi setelah anda membaca artikel ini nanti anda akan berfikir ternyata mudah to mengatasi printer yang rusak tinta tidak keluar.

Sekarang soal merk printer banyak sekali kita jumpai di pasaran seperti cannon, hp, EPSON, Brother, dan masih banyak lagi yang bisa anda pilih, tentunya semua mempunyai keunggulan dan kelemahan tersendiri misal dari segi fitur dan bahan untuk membuatnya, tentunya akan berpengaruh juga soal harga, kalau soal awet atau cepet rusaknya itu tidak bisa di ukur dengan harga karena ada sesuatu fitur unggulan jadi harganya lebih mahal, kalau soal awet tidaknya itu di pengaruhi anda merawat hardware printer tersebut.

Muat Lebih

Untuk artikel cara merawat printer agar selalu bagus kinerjanya akan saya bahas di lain kesempatan, kali ini saya akan fokus membahas tentang cara mengatasi printer yang tintanya sering ngadat atau tidak keluar, biasanya masalah itu keluar saat anda sedang melakukan print tetapi tinta tidak ada di kertas jadi kertas yang keluar masih kosong badahal katrid printer berjalan dengan normal.

3 Cara Meperbaiki Tinta Printer Tidak Keluar

Berikut inilah 3 tips yang bisa NETnot.id bagikan bagi anda yang mengalami printernya dalam masalah semoga bisa membantu mengatasi juga bisa berjalan dengan normal lagi printernya seperti baru.

Bersihkan Sumbatan pada Head Catridge

Bersihkan Sumbatan pada Head Catridge

Cara yang pertama seperti yang penulis sebutkan yaitu dengan membersihkan printer bagian depan katrid, karena sumbatan tersebut bisa menyebabkan tinta tidak dapat keluar, sehingga printer tidak dapat melakukan pencetakan. Jika sumbatan yang terjadi tidak terlalu parah, anda bisa mengatasinya dengan deep cleaning. Namun jika deep cleaning tidak dapat membantu, anda bisa mencoba merendam katrid dengan air hangat untuk membersihkan sumbatannya.

Printer yang sering terjadi masalah sumbatan di katrid biasanya pada printer yang telah lama tidak digunakan, sehingga tinta pada katrid mengering. Berikut langkah-langkah membersihkan sumbatan pada katrid agar bisa lancar tintanya keluar.

  1. Siapkan air hangat dalam sebuah wadah yang cukup besar misal menggunakan panci atau ember karena untuk merendam katrid. Sebaiknya jangan terlalu tinngi, dan gunakan bahan kaca agar bekas tinta dapat dibersihkan dengan mudah.
  2. Siapkan tisu atau kain yang di gunakan untuk membersihkan nantinya, sebaiknya kalau menggunakan kain, gunakan kain yang lembut
  3. Lepaskan dan keluarkan katrid dari printer
  4. Rendam katrid pada air hanget selama beberapa menit. Hanya rendam ujungnya saja ya bukan seluruh katrid
  5. Setelah dirasa mencukupi, ambil kembali katrid. Sebagai indikator bahwa catridge sudah tidak lagi tersumbat, air akan berwarna – tercampur tinta yang kelaur dari katrid.
  6. Sekarang lap bagian unjung katrid yang di rendam dengan air hangat tadi dengan perhalan dan hati-hati.
  7. Angin anginkan katrid tadi agar bisa kering, atau juga bisa menggunakan kipas angin, atau juga bisa menggunakan alcohol untuk hasil lebih baik.
  8. Pasang kembali katrid ke dalam printer dengan hati-hati.

Menghilangkan Rongga Udara pada Selang Tinta Infuse

Menghilangkan Rongga Udara pada Selang Tinta

Jika anda menggunakan tint infuse, mungkin anda sering menemukan terdapat rongga-rongga udara pada selang infuse yang tidak terisi tinta. Hal ini bisa menyebabkan tidak lancarnya pengeluaran tinta dari katrid, bahkan bisa menyebabkan tidak keluarnya tinta. Jika rongga-ronga tersebut hanya berukuran kecil, anda bisa mengatasinya dengan deep cleaning. Namun jika rongga udaranya terlalu panjang, hingga lebih dari 5 cm, deep cleaning tidak akan dapat membantu banyak. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan jarum suntik dengan cara berikut :

  1. Siapkan jarum suntik
  2. Masukkan ujung jarum suntik ke dalam tempat pengisian tinta yang bermasalah pada tabung. Sebaiknya jepit terlebih dahulu selang tinta.
  3. Lepaskan katrid, dan keluarkan dari printer dengan hati-hati.
  4. Lepaskan selang yang bermasalah dari katrid. Lepaskan pula jepitan selang.
  5. Tekan jarum suntik, sehinggga udara masuk melalui tabung dan mendorong tinta masuk ke selang. Lakukan hingga seluruh rongga udara pada selang tinta hilang dan terisi tinta seluruhnya.
  6. Setelah seluruh rongga udara pada selang hilang, pasang kembali selang pada katrid.
  7. Pasang kembali katrid pada printer. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu head katrid.
  8. Jika selang yang bermasalah lebih dari satu (misalnya selang tinta hitam, merah, atau kuning juga), lakukan langkah diatas pada semua tabung tinta tersebut.

Isi Ulang Tinta Printer

Isi Ulang Tinta Printer

Cara ini anda harus cek dulu kenapa tinta printer anda tidak keluar apa karena tinta printer anda habis, kalau habis tentu saja katrid tidak akan dapat mengeluarkan tinta untuk mencetak. Tanda-tanda bahwa tinta telah habis bisa anda lihat dari hasil cetakan printer yang bergaris-garis, lalu lambat laun semakin memudar hingga sama sekali tak tampak.

Jika anda menggunakan tinta inject, Anda bisa memegang katridnya jika telah ringan, kemungkinan besar tintanya telah habis, Jika tinta memang telah habis, segera lakukan pengisian. Sesuaikan pengisian tinta dengan ukuran katrid. Jangan terlalu banyak agar nantinya tidak luber dan merusak katrid.

Jika anda menggunakan tinta infuse, akan jauh lebih mudah. Biasanya tabung infuse cukup transparan, sehingga isi tinta dalam tabung bisa dilihat dengan mudah. Jika memang telah habis, tentu anda harus mengisinya kembali. Sebaiknya jangan tunggu tinta habis untuk mengisinya.

Mungkin hanya 3 cara itu yang bisa kami bagikan di sini cara mengatasi tinta printer yang tidak keluar,mudah-mudahan bisa membantu anda mengatasinya, jika masih bingung atau masalah lain yang berhubungan dengan printer bisa anda tulis di halaman komentar di bawah ini.

Bantu berikan rating artikel ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar